Emye=>Klik mukaku! coretane emye: Debat Tanpa Ilmu
Baca dulu yo..taruh kursor di Gif ini..

Debat Tanpa Ilmu


Sebenarnya gw males banget dengan yg namanya debat. Sangat di larang, apalagi debat kusir tanpa mikir.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;"Sesungguhnya orang yang paling dimurkai oleh Allah adalah orang yang selalu mendebat." [HR. Bukhâri, no. 2457; Muslim, no. 2668; dll].
Mendebat dalam Hadits diatas maksudnya adalah mendebat dengan cara yang bathil atau tanpa ilmu.
Sedangkan orang yang berada di pihak yang benar, sebaiknya dia juga menghindari perdebatan. Karena debat itu akan membangkitkan emosi, mengobarkan kemurkaan, menyebabkan dendam, dan mencela orang lain.
LAMA-LAMA KITA AKAN TERPANCING UNTUK MEMAKI DA MEMAKI. Apalagi yg "terlalu tegas" seperti gw ini.

Rasulullah Saw bersabda: "Saya memberikan jaminan rumah di pinggiran surga bagi orang yang meningalkan perdebatan walaupun dia orang yang benar. Saya memberikan jaminan rumah di tengah surga bagi orang yang meningalkan kedustaan walaupun dia bercanda. Saya memberikan jaminan rumah di surga yang tinggi bagi orang yang membaguskan akhlaqnya."[HR. Abu Dawud, no. 4800; shahîh dalam Riyâdhus Shâlihîn, no. 630 dan dihasankan oleh Syaikh al-Albâni di dalam ash-Shahîhah, no. 273].

"syahida allaahu annahu laa ilaaha illaa huwa waalmalaa-ikatu wauluu al'ilmi qaa-iman bialqisthi laa ilaaha illaa huwa al'aziizu alhakiimu"
Artinya:"Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu [188] (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.(surah / surat : Ali Imran Ayat : 18)
Download MP3:http://id.quran.nu/quran/sound/QFA/003/018.mp3.

[188] Ayat ini untuk menjelaskan martabat orang-orang berilmu.

"inna alddiina 'inda allaahi al-islaamu wamaa ikhtalafa alladziina uutuu alkitaaba illaa min ba'di maa jaa-ahumu al'ilmu baghyan baynahum waman yakfur bi-aayaati allaahi fa-inna allaaha sarii'u alhisaabi"
Artinya:"Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab [189] kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya." (surah / surat : Ali Imran Ayat : 19)
Download MP3:http://id.quran.nu/quran/sound/QFA/003/019.mp3.

"fa-in haajjuuka faqul aslamtu wajhiya lillaahi wamani ittaba'ani waqul lilladziina uutuu alkitaaba waal-ummiyyiina a-aslamtum fa-in aslamuu faqadi ihtadaw wa-in tawallaw fa-innamaa 'alayka albalaaghu waallaahu bashiirun bial'ibaadi"
Artinya:"Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka katakanlah: "Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku". Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi [19O]: "Apakah kamu (mau) masuk Islam". Jika mereka masuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya."(surah / surat : Ali Imran Ayat : 20)
Downoad MP3:http://id.quran.nu/quran/sound/QFA/003/020.mp3.

[190] Ummi artinya ialah orang yang tidak tahu tulis baca. Menurut sebagian ahli tafsir yang dimaksud dengan ummi ialah orang musyrik Arab yang tidak tahu tulis baca. Menurut sebagian yang lain ialah orang-orang yang tidak diberi Al Kitab.

Mengingkari kemungkaran dan menjelaskan kebenaran yang di hujat oleh para wedus prengus juga merupakan kewajiban seorang Muslim.
Dengan catatan, jika penjelasan itu diterima, itulah yang dikehendaki. Namun jika ditolak, maka hendaklah dia meninggalkan perdebatan.

Tapi jujur, gw sering banget meregang otot geraham gw, juga otot tangan gw. Saat mereka yang cekak ilmu dan etika menghina seperti tak punya rasa.
Jadi pengin naruh "22 Guns" di mulut mereka, para penghujat itu.
Jadi gak mood nih coding...!
--------------------------------
Bukan begitu Aninda Chairunnisa, Amrozi, Linda Perjanjian Baru,CherryBele Anissa, Jessica Anastasya, Imam Samudra V, Syamsul Arifin Nababan, Seven Seas, Apriansyah Bintang
 — bersamaVianniee Agugaga dan 21 lainnya di Shut up Eye-Cry!

0 comments :

Posting Komentar

 
look..