Emye=>Klik mukaku! coretane emye: Mengingat 12 thn yag Lalu..Bag 2
Baca dulu yo..taruh kursor di Gif ini..

Mengingat 12 thn yag Lalu..Bag 2

Terusin.., lagi mood...

Setelah sampai Rawalo-tepatnya desa Tipar, bersebelahan dengan rumah mertua kakakku Iis, Aku sampai ke sebuah rumah yang sangat sederhana. Dengan beberapa kamar kosong.. Di rumah itulah tinggal seorang tukang urut yang bernama Ujang. Dengan 1 anak dan istrinya. Perihal Aku di therapy di sini juga di atas saran beberapa orang yang mendengar kalau Aku akan di pijat di lereng Gunung Galunggung. Berhubung letaknya yang jauh dan sulit mengaksesnya, kami kasihan sama Bapak dan Ibu seandainya hendak menunggui. Jadi akhirnya kami mencari informasi tempat alternative yang terkait dengan tempat therapy yg ada di galunggung itu atau yg punya kemampuan therapy syaraf yg selevel.. dan mang Ujang inil terkait dengan padepokan yg ada di galunggung itu-tepatnya murid dari padepokan itu.

Perlu waktu yang cukup lama proses therapy, mengingat kondisiku yang sangat parah. Akhirnya Aku di therapy. Dengan di tunggui Bapak, ibu dan semua kakak2ku.. saling bergantian. Termasuk besan Bapak dan keluarganyapun ikut membantu. Hari-hari pertama, semuanya sangat menyakitkan. Seperti tehnik tusuk jarum. Tepatnya memakai media pentol korek api dan sejenisnya. Rasanya... sangat menyakitkan !
Aku ingat, saat bagian ujung kaki di "tusuk" perlahan, sakitnya sampai ke gendang telinga dan semua otot-otot meregang.. badan menjadi kaku. Belum lagi bagian punggung, perut.. ah, gila..

Saat itu bagian yg di nilai perlu untuk sesegera mungkin di theraphy adalah daerah sekitar pantat dan kaki. Di daerah pantat bagian kanan.. semua membulat berwarna biru. Ibu bilang bekas benturan dengan aspal saat terjatuh dalam posisi duduk. Kedua kakiku mati rasa. Tak bisabergerak sedikitpun. PROBLEM BESAR. Mang Ujang si tukang pijat melakukan therapy merangsang system syaraf dengan memanasi bagian2 tertentu dengan air panas menggunakan media botol. Dalam kodisi sangat panas di tempel-tempelkan. Sangat-sangat menyakitkan. menjerit, marah lalu menangis. Pikiran, rasa dan memoriku masih normal.., tapi tak mampu berbuat banyak.., bahkan untuk melakukan aktivitas vital pribadi seperti mandi dan BAB.

Dari pukul 6 pagi-11 pagi.., istirahat. Lalu mulai lagi pukul 2 siang-4 sore. Kemudian di teruskan lagi pukul 18.45'an sampai pukul 9 malam. Nonstop selama 3 bulan. Setiap hari, selain rasa sakit saat di therapy, Aku selalu merasakn sakit di sekujur badanku.Pegal, nyut-nyutan dan sangat lemas... Tapi problem utamaku adalah saat ingin BAB dan kencing. Sangat sakit dan menyusahkan. Enggak nyaman Aku.. Bagian lain yg di therapy adalah tangan. Namun saat itu team dokter mengatakan untuk operasi tangan gue atw pijat traditional dahulu... Dan kami memilih untuk therapy dulu. Mengejar kemungkinan-kemungkinan yg akan terjadi.

Tangan hanya dibalut gips selama Aku mau. Saat itu mang Ujang merasa perlu untuk membukanya. Dan...; parah.. ternyata yang Kami kira daging yang tumbuh di bekas lubang luka, ternyata kain perban dan kain jaring-entah apa namanya, lupa..
Ada keteledoran dari pihak RS dalam hal ini. Entah dari RSUD Banjar atau RS Hasan Sadikin..
Pendek kata, daging palsu itu di lepas.. dan terlihat lubang menganga di telapak tangan kanan bagian dalam. Bahkan tulang dan otot-ototnya pun kelihatan jelas. Aku bersihin dengan cairan infus dari RS.., sakit sekali. Beberapa hari kemudian, tulang-tulang yang ada copot. persis seperti tulang sayap ayam. Aku yang melepasnya dan membuangnya. Otot-otot dan daging yang ada sudah tidak bisa mengikatnya.. mau apalagi?

Setelah itu kami memeriksa semua bagian tangan kanan.. PARAH.. Siku dan pergelangan patah semua. Dulu, RS gak bilang macam-macam... hanya bilang perlu perawatan lanjutan. Dan mereka mempersilahkan untuk memprioritaskan berobat therapy pijat refleksi lebih dulu.
Akhirnya.. Aku harus menerima lagi kenyataan bagian-bagian tubuhku yang hilang satu persatu.
Belum lagi sakit dari efek patahnya semua bagian sambungan tangan....

**bersambung....

0 comments :

Posting Komentar

 
look..